Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Tertipu Showroom Abal-Abal

Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Tertipu Showroom Abal-Abal

Tips membeli mobil bekas perlu diperhatikan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan mobil bekas dengan harga murah tapi tetap dalam kondisi yang baik. Banyak showroom yang menjual mobil bekas dengan beragam merek dan kondisi. Agar tidak tertipu oleh showroom abal-abal, penting bagi Anda untuk memperhatikan tips yang akan kita ulas berikut ini.

Pilih Tempat yang Terpercaya

Meski Anda bisa menjumpai penjual mobil di sembarang tempat, tapi Anda harus lebih selektif dalam memilih penjual mobil bekas. Terlebih ada banyak penjual mobil tidak resmi dan ilegal. Ada baiknya Anda memilih tempat penjualan yang sudah terpercaya dan memiliki brand tersendiri karena umumnya mereka lebih profesional dan berpengalaman.

Tips membeli mobil bekas ini bisa Anda lakukan dengan mengecek informasi dari tempat tersebut, bisa melalui website, media sosial atau menghubungi customer service. Biasanya, showroom resmi memberikan jaminan pada pembelinya, seperti uang kembali jika kondisi mobil ternyata cacat. Penyuplai mobil yang dipilih pun tidak sembarangan sehingga kualitas mobil bekas yang ditawarkan masih bagus.

Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan harga mobil bekas di bawah 50 juta? Pasti, Anda juga ingin bukan? Melihat adanya iklan yang menawarkan mobil bekas dengan harga murah memang mampu menarik minat banyak orang, termasuk Anda. Namun, jangan langsung percaya dengan harga murah yang ditawarkan tanpa melakukan pengecekan.

Sebelumnya, Anda harus mengecek berapa harga pasaran untuk mobil yang ingin Anda beli. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal atau murah. Apabila harganya terlalu murah, pasti ada alasan mengapa harganya murah dan Anda harus mengetahuinya. Bisa saja karena ada kerusakan, lecet atau bagian yang yang tidak dalam kondisi bagus.

Jangan Terburu-Buru Membeli

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah jangan terburu-buru langsung membayar mobil tersebut. Meskipun uang sudah tersedia, tapi jangan langsung membayarnya karena akan ada banyak risiko jika Anda tidak selektif dalam memilih mobil bekas. Terburu-buru hanya akan membuat Anda kehilangan fokus dalam melakukan pemeriksaan beberapa bagian yang perlu dicek terlebih dulu.

Terkadang, Anda mungkin akan menjumpai beberapa penjual yang mendesak konsumennya untuk segera membeli mobil bekas tersebut. Namun, jangan langsung mau. Anda perlu waspada, mengapa penjual tersebut terus mendesak. Yang pasti, jangan melakukan pembayaran sebelum Anda yakin dan tahu bahwa mobil bekas tersebut dalam kondisi yang benar-benar baik untuk digunakan.

Lakukan Pengecekan

Mendapatkan harga mobil bekas di bawah 50 juta memang menyenangkan, tapi Anda juga harus memastikan kondisi mobil masih dalam keadaan prima. Apabila Anda mengetahui tentang otomotif, Anda bisa melakukan pengecekan sendiri. Jika tidak, Anda bisa meminta bantuan teknisi mobil untuk mengecek setiap bagian mobil untuk memastikan kondisinya, apakah masih baik atau tidak.

Beberapa bagian yang perlu dilakukan pengecekan adalah body mobil, oli mesin, kondisi mesin, body transmisi maupun lampu indikator. Akan lebih baik jika pengecekan dilakukan pada siang hari agar Anda bisa melihat setiap bagian dengan jelas dan pastikan bahwa setiap bagian masih bisa berfungsi dengan baik.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Jangan mau membeli mobil murah dan bagus tapi tidak memiliki dokumen yang lengkap karena bisa jadi itu adalah barang curian. Agar lebih aman, pastikan mobil yang Anda beli memiliki dokumen yang lengkap, seperti BPKB dan STNK.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, pengecekan dan ketenangan dalam transaksi sangat diperlukan agar Anda mendapatkan harga murah, tapi mobil masih dalam kondisi yang bagus dan prima. Oleh karena itu, tips membeli mobil bekas di atas bisa menjadi solusi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *