Panduan Memilih dan Menggunakan Parfum yang Aman

Panduan Memilih dan Menggunakan Parfum yang Aman

Menyiapkan diri sebelum menjalani hari adalah hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Selain mandi dengan bersih dan berdandan rapi, mengenakan berbagia aksesori akan menunjang penampilan. Belum usai, rata-rata orang juga menggunakan parfum sebelum menginjakkan kaki keluar rumah. Tujuannya tak lain untuk membuat tubuh tetap wangi sepanjang hari.

Tapi tahukah Anda kalau beberapa orang mengalami gejala ruam pada kulit sehabis setiap habis mengenakan parfum? Menilik dari sisi kesehatan, apakah ini menjadi gejala alergi terhadap parfum atau seseorang justru mengidap kondisi kesehatan lain? Ruan yang timbul merupakan salah satu contoh gejala seseorang mengalami dermatitis pada kulit. Penyebab timbulnya ruam ada 2, yakni:

  1. Iritasi. Iritasi merupakan wujud dermatitis kontak yang ditandai dengan kulit terluka akibat paparan gesekan atau lingkungan, misalnya saat cuaca dingin. Terlalu sering terpapar air juga memungkinkan seseorang mengalami iritasi, misalnya pada atlet renang atau orang yang profesinya menjadi hairdresser di salon. Bahan kimia seperti deterjen juga berkontribusi terhadap iritasi.
  2. Alergi. Alergi muncul karena reaksi alergi terhadap paparan bahan tertentu. Sesuatu yang memicu terjadinya alergi dinamakan alergen. Pada orang yang tidak mempunyai alergi, tentu alergen takkan menimbulkan reaksi apa-apa.

Makanan, benda-benda, hingga wewangian bisa menjadi agen pemicu alergi (alergen). Maka darinya, ruam yang terjadi pada seseorang setelah menggunakan parfum bisa disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam bahan parfum. Reaksi alergi ini pun tak muncul saat seseorang mengalami paparan pertama oleh suatu zat, tetapi muncul reaksinya saat terpapar lagi di kemudian hari. Setelahnya, tubuh lebih sensitif terhadap alergen (yang dalam hal ini bahan wewangian) tadi sehigga membangun reaksi terus-menerus apabila tubuh terus terpapar oleh zat tersebut.

Untuk bisa mendorong reaksi alergi pada kulit (ruam), sedikit zat pewangi mendobrak masuk kulit dan melekat pada protein kulit. Pada saat itu terjadi, barulah imunitas tubuh bereaksi dan mengira zat parfum yang masuk sebagai ancaman sehingga tubuh memperlihatkan gejala alergi.

Beberapa zat pewangi dapat mengikat protein kulit secara langsung, namun sebagian wewangian lain butuh diganti terlebih dahulu melalui proses kimia agar dapat menempel ke protein kulit. Transformasi tersebut terjadi di kulit ketika zat parfum mendapatkan paparan udara, sinar matahari, atau malah mengalami reaksi dengan enzim di bawah bagian kulit.

Cara Memilih dan Menggunakan Parfum yang Aman agar Tidak Menyebabkan Ruam

Bila terjadi reaksi setelah Anda menggunakan parfum, bukan berarti Anda mengalami iritasi atau alergi pada produk wewangian lain. Anda bisa terus berburu parfum yang tepat. Pada beberapa waktu lalu, pickybest.id merekomendasikan parfum untuk pria kantoran yang mungkin bisa membantu Anda temukan produk yang sesuai dan tidak menyebabkan ruam kulit.

Berikut ini deretan tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih produk parfum serta menggunakannya.

  1. Baca Label Kemasan. Label kemasan biasanya mencantumkan zat-zat yang terkandung. Carilah parfum yang mengandung zat paling sedikit untuk meminimalisir terjadinya reaksi ruam pada kulit.
  2. Uji Coba Produk ke Kulit. Salesperson di toko biasanya mengizinkan pelanggan mencoba produk sebelum membeli. Anda bisa gunakan kesempatan ini untuk mengecek reaksi kulit, apakah timbul ruam atau tidak saat menyemprotkan atau mengoleskan parufm ke kulit. Jawabannya bisa Anda ketahui 48 – 72 jam setelah penyemprotan.
  3. Pakailah Parfum secara Cermat. Semprotkanlah parfum pada pakaian bila Anda masih khawatir terjadinya alergi akibat paparan suatu kondisi. Bila ingin disemprotkan ke kulit, lakukan penyemprotan pada tiga titik saja, yaitu pergelangan tangan, siku dalam, dan leher bawah.

Bagaimana, mudah sekali bukan untuk memilih dan menggunakan parfum yang tepat? Kami harap informasi ini berguna, dan salam wangi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *