Memahami Layanan Bimbingan

Ada banyak jenis layanan bimbingan belajar profesional yang tersedia di Amerika Serikat saat ini. Pertama-tama, ada layanan bimbingan belajar umum dan program bimbingan pribadi.

Layanan bimbingan belajar umum memiliki banyak bentuk. Misalnya, seorang guru dapat membimbing siswanya sepulang sekolah atau saat makan siang secara gratis. Demikian pula, sekolah sering menyewa tutor untuk membantu siswanya. Guru sering mengadakan sesi review opsional dan sesi belajar. Namun, waktu guru seringkali sangat terbatas. Ada juga undang-undang dan peraturan yang melarang guru membimbing siswanya di luar sekolah.

Jenis lain dari layanan bimbingan belajar umum adalah SES (Layanan Pendidikan Tambahan). Ini adalah bagian dari program No Child Left Behind. Siswa berpenghasilan rendah yang terdaftar di SES dapat menerima bimbingan gratis. Siswa yang terdaftar di SES dapat memilih tutor yang disetujui dan menerima dana untuk bimbingan tersebut. Orang tua perlu mengisi formulir khusus agar memenuhi syarat untuk SES. Ruang terkadang terbatas. Selain itu, tidak semua siswa dari semua sekolah memenuhi syarat untuk layanan SES.

Ada juga banyak lembaga bimbingan belajar privat di Amerika Serikat. Agen bimbingan privat biasanya tidak gratis. Namun, mereka cenderung lebih fleksibel. Agen swasta umumnya dapat dibagi menjadi dua kategori: pusat pembelajaran dan layanan tutorial di rumah. 

Pusat pembelajaran memiliki lokasi fisik. Contoh pusat pembelajaran adalah Sylvan Learning Center dan Huntington Learning Center. Beberapa tetapi tidak semua pusat pembelajaran juga menawarkan layanan bimbingan belajar di rumah. 

Tutor di rumah bepergian untuk menemui siswa. Namun, mereka tidak serta merta menemui siswa tersebut di rumah siswa. Mereka juga dapat bertemu dengan siswa tersebut di perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, atau bahkan kedai kopi. 

Seringkali, guru sekolah menengah dan profesional lainnya bekerja paruh waktu untuk layanan bimbingan belajar di rumah dan pusat pembelajaran. 

Baik les privat maupun publik bisa dilakukan secara privat atau berkelompok. Satu kelompok dapat terdiri dari dua siswa atau sebanyak dua puluh siswa. Sesi kelompok umumnya lebih murah tetapi juga kurang efisien. Mereka agak sebanding dengan ruang kelas. 

Keputusan tentang tutor yang akan digunakan sering kali bergantung pada pendapatan orang tua, pendapatan siswa, apakah siswa memiliki transportasi atau tidak, sekolah mana yang dihadiri siswa, dan mata pelajaran apa yang membutuhkan bantuan siswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *