Macam-macam Benang Menurut Jenis dan Kegunaannya

Macam-macam Benang Menurut Jenis dan Kegunaannya

Macam-macam Benang – Penjelasan tentang jenis-jenis benang sesuai dengan jenis dan penggunaannya sangat berguna untuk dipahami sebagai ketentuan menjahit. Ada beragam utas baik ukuran, warna maupun tempatnya. Kualitas utas juga bervariasi. Beberapa kuat dan lainnya rapuh atau mudah patah. Benang yang mudah patah tidak baik untuk menjahit pakaian, karena mudah patah dan sobek. Karena itu, untuk menjahit pakaian disarankan untuk memilih benang yang kuat. Oleh karena itu, pengetahuan yang cukup diperlukan sebelum menentukan jenis utas yang akan digunakan pada Konveksi Jogja. Dalam hal ini, Anda harus memilih utas yang diperlukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis utas berdasarkan jenis dan penggunaannya:

Benang jahit

Benang jahit adalah benang yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian atau pakaian rumah tangga. Selain itu, benang jahit juga biasa digunakan untuk menjahit bahan-bahan seperti kain, sepatu dan kanvas. Benang jahit yang ditemukan di pasaran terbuat dari serat alami seperti katun, linen, sutra, dll. Namun, ada juga serat buatan seperti rayon, nilon, poliester, kaca, dll.

Untuk memilih benang jahit yang akan digunakan, disarankan untuk tidak menggunakan serat pendek atau pendek karena memiliki beberapa kekurangan, yaitu, serat di ujung benang mudah dibuka dan resistansi benang kurang meyakinkan, terutama setelah dipotong dan Ingin bergabung lagi. Jika Anda ingin memilih benang jahit yang baik, Anda harus memilih diameter / diameter yang rata, permukaannya halus dan tahan terhadap gesekan, tidak mudah putus bahkan jika dicuci berulang kali, cukup fleksibel untuk membentuk jahitan dan tidak mudah menyusut dan Halus digunakan bahkan melalui lubang jarum.

Benang bordir

Benang bordir adalah benang yang digunakan untuk menyulam dan menghias kain agar terlihat lebih indah. Misalnya, menyulam pada taplak meja, sarung bantal dan selimut. Benang bordir yang beredar luas di pasaran adalah DMC, Anchor, Rose dan beberapa merek lokal seperti Payung, Bintang dan lainnya. Kemasan benang umumnya berbentuk seperti kumparan atau 8 m dengan 6 lembar benang. Bentuk kemasan lain yang lebih sering ditemukan adalah satu utas benang. Salah satu kelebihan benang sulaman dibandingkan dengan benang jahit adalah ia memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih terhidrasi. Untuk sulaman, utas ini juga terdiri dari beberapa warna. Kemudian, cukup pilih merek dan warna yang disukai, sesuai dengan jahitan yang akan dibuat.

Benang renda

Benang renda adalah benang yang digunakan untuk membuat renda, lembaran dekoratif, penutup TV, permadani, dll. Thread ini lebih besar dibandingkan dengan benang bordir.

Benang sutera

Benang sutera adalah benang yang digunakan untuk menjahit kain sutera. Benang sutera banyak diproduksi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kain sutra dengan pola khas menjadi produk tenunan utama industri rumah tangga di kota ini. Benang sutera terbuat dari serat kepompong. Kepompong dapat menghasilkan 457 hingga 914 meter benang sutra. Sifat benang sutera kuat, lembut dan mengkilap, sehingga umumnya digunakan untuk menjahit pakaian pesta.

Benang wol

Benang wol adalah benang yang digunakan untuk membuat berbagai dekorasi, misalnya bunga, lukisan pada kain penjahat, boneka, rajutan, dll. Biasanya, benang ini berbentuk seperti gulungan. Benang wol terbuat dari kulit domba tebal. Oleh karena itu, benang wol juga digunakan untuk membuat pakaian hangat, mantel dan selimut. Untuk membuat jaket, bisa cek rekomendasi jasa konveksi jaket disini.

Benang kasur

Kasur benang adalah benang yang digunakan untuk menjahit kasur dan kursi mobil. Bentuknya lebih besar dan lebih kuat dari pada benang jahit.

Benang nilon

Benang nilon berasal dari serat yang terbuat dari minyak bumi, batu bara, dan bahan kimia. Serat ini menghasilkan benang nilon. Properti dari benang nilon yang keras dan kuat. Kain yang diproduksi oleh benang nilon kaku dan tidak menyerap keringat. Oleh karena itu, benang nilon banyak digunakan untuk bahan parasut, tenda, jas hujan, tali sepatu atau untuk menjahit sepatu, sandal dan terpal untuk tenda.

Benang bordir

Benang bordir adalah benang yang digunakan untuk menghias pakaian, kerudung dan memotong tepi koneksi kain.

Oleh karena itu, diskusi singkat tentang jenis benang sesuai dengan jenis dan penggunaannya. Ini bisa bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *