Bagaimana Sistem Pendingin Udara Bekerja

 

Anda mungkin pernah merenungkan bagaimana sebenarnya sistem pendingin udara bekerja, atau mungkin Anda tidak pernah memikirkannya. Jika Anda penasaran, kami akan berusaha menjelaskannya kepada Anda.

AC seperti dikatakan, “mengkondisikan” udara. Ini tidak hanya mendinginkan udara, tetapi juga mengurangi kadar air, atau kelembapan. Siklus pendinginan memainkan peran penting dalam hal ini. Siklus ini bekerja dengan cara yang sama baik sistem HVAC dipasang di gedung, di mobil, atau bahkan lemari es rumah tangga. Pendingin udara adalah bidangnya sendiri, tetapi kami akan tetap berpegang pada poin utama.

Sejumlah orang tidak menyadari bahwa menyalakan AC justru mengurangi jumlah mil per galon mobil Anda. Karena kompresor bekerja, ada energi berlebih yang digunakan untuk menghilangkan panas dan kelembaban dari udara di dalam mobil, yang menghabiskan lebih banyak bensin karena beban mesin ekstra. Meski demikian, pada dasarnya mobil Anda memiliki jenis AC yang sama dengan rumah Anda.

Siklus Pendinginan

https://ahliacpekanbaru.com/service ac di pekanbaru – Prinsip utama AC adalah penguapan dan kondensasi. Ini mengulangi siklus kompresi dan ekspansi. Ini adalah eksperimen sains yang terjadi di rumah Anda. Pada tingkat yang lebih sederhana, ia menyerap panas dan membuangnya ke luar.

Penguapan

Anda mungkin memperhatikan bahwa jika Anda menggosokkan sedikit roh bedah di punggung tangan Anda, tangan Anda akan terasa dingin. Mengapa demikian? Ini penguapan. Itu karena roh di punggung tangan Anda mulai menguap. Saat arwah ini menguap, panas dari permukaan kulit Anda akan hilang. Ini pada dasarnya adalah peran evaporator dalam sistem pendingin udara Anda di rumah.

Proses Mendinginkan Rumah Anda

Unit AC Anda menggunakan refrigeran, beberapa orang menyebutnya freon, yang mengubah dari gas menjadi cairan dan kembali lagi dengan cepat. Refrigeran ini mentransfer panas dari dalam rumah Anda ke udara luar.

Alat AC memiliki empat elemen kunci. Mereka adalah kompresor, kondensor, alat pengukur, dan evaporator. Kompresor dan kondensor unit Anda biasanya terletak di area luar sistem AC. Di dalam rumah Anda, mungkin loteng atau lemari, adalah tempat Anda akan menemukan evaporator dengan unit penanganan udara.

Bagaimana AC Anda Menghilangkan Udara Panas & Hembusan Dingin

Refrigeran memasuki kompresor sebagai gas bersuhu rendah dan bertekanan rendah. Setelah “dikompresi”, ia meninggalkan kompresor sebagai suhu tinggi, uap bertekanan tinggi dan bergerak ke kondensor. Kondensor adalah unit luar yang memiliki sirip logam di sekeliling rumahan.

Ketika fluida meninggalkan kondensor, ia benar-benar “mengembun menjadi cairan” lalu bergerak ke alat pengukur dan menjadi jauh lebih dingin. Terakhir memasuki evaporator melalui tabung kecil. Tekanan turun dan cairan berubah menjadi gas. Gas ini masuk kembali ke kompresor karena bersuhu rendah, gas bertekanan rendah dan mengulang siklusnya.

Jika masih bingung, saya akan menjelaskannya dengan cara yang sederhana. Bayangkan spons kering yang dicelupkan ke dalam air dan menyerap cukup banyak. Kemudian spons dikeluarkan dari air yang diperas untuk mengeluarkan air dari luar ember. Air diserap panas dan dihilangkan meninggalkan udara dingin.

Kesimpulan

Sistem pendingin udara adalah penemuan yang luar biasa. Mereka membuat kita nyaman selama musim ekstrim dan membantu kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Sistem HVAC disalahpahami dan mempelajarinya bisa sangat menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *